Set play dimainkan dalam posisi diagram, dengan asumsi bahwa langkah terakhir dilakukan oleh putih, dan sekarang adalah giliran hitam untuk melangkah. Langkah-langkah hitam yang diperhatikan pada posisi set-play ini hanyalah langkah-langkah yang nantinya juga akan dilakukan oleh hitam setelah putih menjalankan langkah kunci.
Set dan try adalah optional, alias boleh ada atau boleh juga tidak ada. Actual play adalah "kudu" alias harus ada di dalam sebuah problem.
Artikel ini mengajak kita semua melihat ketiga fase ini dengan disertai contoh-contohnya.
Problem dengan Satu Fase
Comins Mansfield
The London Observer, 1941
The London Observer, 1941
Solution: 1. h4! [2. Sf6#]
1. ... Kg4 2. Sf6#
1. ... Qd4/f4 2. R(x)f4#
1. ... Qe5 2. Re3#
1. ... Qxh4+ 2. Rh3#
1. ... Qxf3+ 2. Bxf3#
1. ... Qb1+ 2. Rf1#
1. ... Qf5 2. Rxf5#
Ini adalah sebuah contoh problem dengan satu fase, yaitu problem yang hanya memiliki solusi tanpa set-play dan try.
Problem ini dibuat oleh Comins Mansfield, penulis buku Adventures in Composition, sebuah buku wajib untuk kita semua yang ingin membuat problem catur, khususnya twomovers, yang lebih baik.
Problem dengan Dua Fase: Set + Actual
J. A. W. Swane
1st Prize, Magasinet, 1952
1st Prize, Magasinet, 1952
Set Play:
1. ... S4xd3 [a] 2. Bd5 [A] #
1. ... Rxd3 [b] 2. Qa4 [B] #
1. ... S2xd3 [c] 2. Re4 [C] #
Solution: 1. Se4! [2. Qxb3#]
1. ... S4xd3 [a] 2. Sd2 [D] #
1. ... Rxd3 [b] 2. Qxc5 [E] #
1. ... S2xd3 [c] 2. Sd6 [F] #
1. ... Kxd3 2. Qxb3#
Problem ini memiliki tiga langkah thematik buat hitam, yang ketiganya adalah memakan benteng putih yang ada di d3, yaitu 1. ... S4xd3, 1. ... Rxd3, dan 1. ... S2xd3. Uniknya adalah langkah putih untuk mematikan hitam menjadi berubah antara set-play dan actual-play.
Silakan Anda mempelajari sendiri bagaimana perubahan ini dapat dihasilkan untuk menikmati problem ini.
Problem dengan Tiga Fase: Set + Try + Actual
Ottavio Stocchi
Raccolta Completa dei 933 Problemi
di Ottavio Stocchi 1995
Set Play:
1. ... Sg6+ [a] 2. Qxg6 [A] #
1. ... Be6 [b] 2. Rxe6 [B] #
Try: 1. Qf4? [2. Qe5#]
1. ... Sg6+ [a] 2. fxg6 [C] #
1. ... Be6 [b] 2. fxe6 [D] #
But 1. ... Sf7!
Solution: 1. Qe4! [2. Qe5#]
1. ... Sf7/g6+ [a] 2. R(x)g6 [E] #
1. ... Be6 [b] 2. Qxe6 [F] #
Problem ini memiliki set play, try play, dan actual play.dengan mat yang berubah tiga kali untuk dua buah langkah thematik hitam, yaitu 1. ... Sg6+ dan 1. ... Be6. Problem dengan thema seperti ini disebut Zagoruiko 3x2.
Penjelasan Istilah
Berikut ini adalah penjelasan dari istilah-istilah yang digunakan dalam artikel ini:
Set-Play: Langkah-langkah dalam posisi sebagaimana ada di diagram, dengan asumsi bahwa langkah terakhir dilakukan oleh putih dan sekarang adalah giliran hitam untuk melangkah.
Try: Langkah putih yang "hampir" menjadi kunci dari problem tersebut, tetapi sayangnya ada satu langkah hitam yang menggagalkannya (dan harus hanya ada satu langkah hitam, tidak boleh lebih).
Try-Play: Langkah-langkah setelah try, (kadang-kadang disebut juga dengan istilah virtual-play).
Actual Play: Langkah-langkah setelah putih melakukan langkah kunci.
Try: Langkah putih yang "hampir" menjadi kunci dari problem tersebut, tetapi sayangnya ada satu langkah hitam yang menggagalkannya (dan harus hanya ada satu langkah hitam, tidak boleh lebih).
Try-Play: Langkah-langkah setelah try, (kadang-kadang disebut juga dengan istilah virtual-play).
Actual Play: Langkah-langkah setelah putih melakukan langkah kunci.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.