Sunday, January 31, 2016

[PROBLEM CATUR] Petak Lari Raja

Oleh Yanuarta S.

Jawaban Problem No. 29

J. Savournin
The Problemist
Hadiah I


Putih jalan mat dalam 2 langkah

Set play:
1. ... Rd5 2. Mxh1#
1. ... Rf5 2. Mxg4#

Langkah kunci: 1. Gf4 ancam 2. Ke3#
1. ... Rd5 2. Kxb6#
1. ... Rf5 2. Kd6#
1. ... Rd4 2. Mxd3#
1. ... Rxf4 2. Mxg4#
1. ... Gxf4 2. Mxd3#

Pada kedudukan diagram (set play), Raja hitam sudah mempunyai 2 petak lari ke arah diagonal (d5 dan f5). Setelah langkah kuncinya yang cemerlang, petak lari tersebut bertambah 2 lagi ke arah horizontal (d4 dan f4), sehingga menjadi 4 buah. Ancamannya membuka battery Bb4 - Kc4 - Re4, sekaligus merampas kembali keempat petak lari tersebut, masing-masing dua petak oleh Kc4 dan Bb4.

Dalam varian 1 dan 2, matnya juga dilakukan oleh battery tadi. Hanya saja Kc4 harus memilih ke petak mana untuk membuat mat dengan aman tanpa penjagaan buah hitam. Jadi di sini terjadi perubahan mat, karena pada set play, matnya dilakukan oleh Menteri.

Kalau Raja hitam bergerak ke arah horizontal, maka matnya dilakukan oleh Menteri sambil merampas kembali 2 petak lari. Kalau kita perhatikan varian 4 di mana langkah hitamnya berlainan dengan varian 2 dalam set play (1. ... Rxf4 dan 1. ... Rf5), tetapi langkah matnya sama (2. Mxg4#), maka hal ini disebut dengan mate transference.


Jawaban Problem No. 30

N. G. G. van Dijk
De Waarheid 1966
Hadiah !


Putih jalan mat dalam 3 langkah


Langkah kunci: 1.Ma4xa5 ! ancam:
          2.Kd6xb5 +
              2...Rd5-c4
                  3.Kb5xa3 #
              2...Rd5-e4
                  3.Kb5-c3 #
              2...Rd5-e6
                  3.Kb5-c7 #
              2...Rd5-c6
                  3.Kb5-a7 #
      1...Be1-c1
          2.Kd6xf5 +
              2...Rd5-c4
                  3.Kf5-e3 #
              2...Rd5-e4
                  3.Kf5-g3 #
              2...Rd5-e6
                  3.Kf5-g7 #
              2...Rd5-c6
                  3.Kf5-e7 #
      1...b7-b6
          2.Kd6-c8 +
              2...Rd5-c4
                  3.Kc8xb6 #
              2...Rd5-e4
                  3.Ma5-a8 #
              2...Rd5-e6
                  3.Bd8-d6 #
              2...Rd5-c6
                  3.Ma5xb6 #
      1...f5xg4
          2.Kd6xf7 +
              2...Rd5-c4
                  3.Kf7xe5 #
              2...Rd5-e4
                  3.Gg8-h7 #
              2...Rd5-e6
                  3.Kf7-h6 #
              2...Rd5-c6
                  3.Bd8-d6 #
      1...Gf3xg4
          2.Kd6-c4 +
              2...Rd5xc4
                  3.Gg8xf7 #
              2...Rd5-e4
                  3.Kc4-d2 #
              2...Rd5-e6
                  3.Ma5-b6 #
              2...Rd5-c6
                  3.Ma5-b6 #

Dari ancamannya yang memberikan tambahan 2 petak lari ke arah diagonal, sudah diduga bahwa temanya adalah Star flights. Memang demikianlah, hanya saja di sini tema Star flights itu terjadi pada langkah kedua hitam, yang kemudian menimbulkan varian-varian seperti dalam problem untuk mat dalam 2 langkah.

Inilah salah satu cara untuk menggali ide-ide baru, yaitu dengan memasukkan atau memperluas ide-ide problem mat dalam 2 langkah ke problem mat dalam 3 langkah.

Mari kita perhatikan mulai dari ancamannya. Setelah langkah kunci 1. Kxb5, Raja hitam dapat lari ke petak c4, c6, e4, dan e6, yang kemudian dibuat mat dengan menggunakan battery Ma5 - Kb5 - Rd5, di mana Kb5 tinggal memilih ke petak yang aman untuk membuat mat.

Dalam varian pertama, 1. Bc1 telah meninggalkan penjagaan petak e3, sehingga sekarang battery Bd8 - Kd6 - Rd5 dapat bekerja untuk membuat mat. Setelah 2. Kxf5+, kalau 2. ... Rc4, dapat dibuat mat dengan 3. Ke3#, sebab bidak f4 menjadi terikat oleh Bg4. Kalau 2. ... Rc6, 3. Ke7#. 2. ... Re4 3. Kg3#, dan 2. ... Re6 3. Kg7#

Varian kedua 1. ... b6 berarti membuka garis diagonal a8-d5 sehingga setelah 2. Kc8+, gerakan Raja hitam 2. ... Re4 dapat dibuat mat dengan 3. Ma8#. 2. ... Rc6 3. Mb6#. 2. ... Rc4 3. Kxb6# dan 2. ... Re6 3. Bd6#.

Varian ketiga 1. ... fxg4 berarti membuka garis diagonal h7-b1, sehingga setelah 2. Kxf7+, 2. ... Re4 dapat dibuat mat dengan 3. Gh7#. Kalau 2. ... Rc6 3. Bd6#. 2. ... Rc4 3. Kxe5#

Varian keempat 1. ... Gxg4 berarti meninggalkan penjagaan diagonal a8-e4, sehingga setelah 2. Kc4+, 2. ... Rc4 dapat dibuat mat dengan 3. Gxf7#, sedang kalau 2. ... Re6 dengan 3. Mb6#. Kalau 2. ... Rc6 3. Mb6#, dan 2. ... Re4 3. Kd2#

Jadi dalam problem ini telah terjadi tidak kurang dari 5 buah tema star flights lengkap dengan varian-variannya. Dengan digabung permainan battery yang sangat harmonis, maka sudah sepantasnya kalau problem ini menggondol hadiah tertinggi.


Problem No. 31
G. Bakcsi
Seneca Memorial Tourney 1978/80
1st Prize


Putih jalan mat dalam 2 langkah


Problem No. 32
A. P. Eerkes & J. Hartong
Arbejder Skak 1953
1st Prize


Putih jalan mat dalam 3 langkah



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.